Dahlan punya dua cara perkuat perbankan syariah

Dahlan punya dua cara perkuat perbankan syariah

 

Merdeka.com - Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pemerintah mendirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perbankan syariah. Ini perlu dilakukan sebagai strategi menciptakan efek berlapis (multiplier effect) terhadap pertumbuhan keuangan syariah.

Mendengar dukungan OJK soal BUMN bank syariah, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan Indonesia memiliki kekuatan perbankan syariah kuat. Dahlan mengatakan, ada dua cara untuk mewujudkan kekuatan besar perbankan syariah.

"Yakni bank syariah kumpul jadi satu dan merger menjadi bank syariah yang kuat," ujarnya usai Rapat Pimpinan di Kantor Djakarta Llyod Jakarta, Kamis (18/9).

Cara kedua, kata Dahlan, dengan pemberian modal tambahan dari holding perbankan tersebut. "Masing-masing pemilik menambahkan setoran modal, misalnya, bank Mandiri tambah modal di Bank Syariah Mandiri," jelas dia.

Dahlan juga meminta pemilik BUMN bank syariah untuk serius penempatan dana bagi tabungan haji. "Terutama, agar dana-dana haji harus ditaruh di bank syariah. Kan yang selama ini bank syariah kecil-kecil sehingga tidak bisa ditaruh," ungkapnya.

Dengan melakukan aksi korporasi tersebut, kekuatan perbankan BUMN syariah diyakini bakal semakin membesar.

"Ini akan kita bicarakan dengan pra pemilik bank syariah menyoal keinginan OJK dan juga keinginan kita," tutup dia.

Source : http://www.merdeka.com/uang/dahlan-punya-dua-cara-perkuat-perbankan-syariah.html, 19/09/2014 11:02

Logo Bank

     LPS    3p  sahabat  asbisindo  ayo  halal  logo mes